SMRC: Bila Ganjar Dicalonkan Golkar, Peta Politik Berbeda Keseluruhan

SMRC: Bila Ganjar Dicalonkan Golkar, Peta Politik Berbeda Keseluruhan

Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani memandang, PDI Perjuangan perlu waspada jika Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo dicalonkan sebagai presiden oleh Partai Golkar.

Masalahnya PDI-P mempunyai potensi kehilangan suara bila sampai Ganjar dicalonkan sebagai presiden oleh partai lain. Suara simpatisan Ganjar yang sejauh ini ikut memberikan dukungan PDI-P, diprediksi berpindah bersamaan dengan Ganjar digotong partai politik lain.

“Maka PDI Perjuangan terancam oleh Golkar. Memiliki arti (pengurangan) itu sangat berharga. Bahkan juga tempatnya saat ini, jika Ganjar jadi calon dari Golkar, peta kemampuan parpol jadi berbeda cukup keseluruhan. Pikirkan, jadi Gerindra, PDI-P dan Golkar itu imbang,” kata Saiful dalam launching yang disiarkan di Youtube SMRC TV, Kamis.

Saiful menerangkan jika awalnya, suara PDI-P dalam beragam survey selalu ada di status paling atas. Bahkan juga, PDI-P dipandang sebagai parpol yang susah dilalui oleh partai yang lain. Tetapi, keadaan itu dapat berbeda bila Ganjar dicalonkan oleh partai lain, misalkan Golkar.

“Yang semula PDI-P itu almost untouchable, nyaris tidak dapat disentuh. Tetapi demikian Ganjar ke Golkar, bersama-sama (simpatisannya) turut. Membuat PDI Perjuangan imbang dengan Gerindra. Bahkan juga Gerindra berada di sedikit atas. Dan imbang dengan Golkar,” terangnya.

Dalam launching survey SMRC, suara yang didapat PDI-P bahkan juga sedikit rendah dengan Gerindra, jika kondisinya Ganjar dicalonkan oleh Golkar.

Terdaftar, suara Gerindra 20 %, dan PDI-P 18 %. Kenaikan berarti terjadi di Golkar yang mendapat 17 % suara bila mencalonkan Ganjar.

Awalnya, dalam replikasi bila mencalonkan Airlangga Hartarto, Golkar cuma memperoleh 13 % suara.

Saiful memiliki pendapat, Golkar perlu menyimak bukti-bukti jika Ganjar berkesempatan mengangkat suara “Ini bisa saja alternative untuk Golkar, tetapi juga bisa, PDI Perjuangan harus berhati-hati sama ini.

Jika PDI Perjuangan ingin menjaga suaranya, ia harus berhati-hati dengan bukti ini,” jelas Saiful. Karena itu, bila tidak mau kehilangan suara, PDI-P dipandang harus bertanggung-jawab pada Ganjar.

Dalam makna, PDI-P harus jaga supaya Ganjar tidak beralih ke partai yang lain. “Kemungkinan di mata PDI Perjuangan yang punyai kebutuhan , ia jaga sebagai nomor satu. (Ganjar berpindah partai politik) ini janganlah sampai terjadi. Terkecuali memang ia (PDI-P) tidak punyai sasaran semacam itu, tetapi kan lucu, jika partai politik tidak punyai sasaran mendapatkan suara banyak,” ujarnya.

Sebagai info, survey uji cobatal ini dilaksanakan dengan mengikutsertakan 267 informan. Adapun survey berjalan 3-9 Oktober 2022. Margin of error survey sama ukuran contoh itu diprediksi sebesar kurang lebih 3,1 % di tingkat keyakinan 95 %.

About admin

Check Also

Gempar Penipuan Berlagak Undangan Pernikahan lewat Whatsapp, Bareskrim Polri Turun Tangan

Gempar Penipuan Berlagak Undangan Pernikahan lewat Whatsapp, Bareskrim Polri Turun Tangan Bareskrim Polri turun tangan …