KPK Sebutkan Harun Masiku Paling akhir Teridentifikasi Sedang Ada di Luar Negeri

KPK Sebutkan Harun Masiku Paling akhir Teridentifikasi Sedang Ada di Luar Negeri

Terdakwa kasus suap Komisioner Komisi Penyeleksian Umum (KPU) Wahyu Setiawan, Harun Masiku, masih jadi buronan penegak hukum Indonesia semenjak tahun 2020 kemarin. Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menyebutkan akhir kali Harun terlacak sedang ada di luar negeri.

Direktur Penyelidikan KPK Asep Guntur Rahayu menyebutkan faksinya masih usaha cari kehadiran politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu. Dia menjelaskan info tentang status Harun Masiku ada di luar negeri berdasar hasil menyusur KPK sampai sekarang ini.

“Info yang sudah kami terima Harun Masiku sekarang ada di luar negeri,” kata Asep di Gedung Merah Putih KPK.

Koordinasi dengan agen lain di luar negeri
Oleh karenanya, Asep menjelaskan sekarang ini KPK masih usaha pulangkan Harun Masiku ke tanah air. Satu diantaranya, ia menjelaskan KPK masih merajut kerja sama dengan beberapa pihak berkaitan yang ada di luar negeri. Walau begitu, dia tidak menyebutkan di mana negara tempat Harun Masiku ada akhir kali yang sukses teridentifikasi oleh KPK.

“Karena lokasi paling akhir masih di luar negeri, kita masih bekerjasama dengan beberapa agen di luar negeri,” tutur ia.

Asep menambah KPK terus akan bekerjasama dengan faksi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Koordinasi itu dilaksanakan buat mempermudah usaha KPK untuk jemput politisi PDIP itu di negara yang diartikan.

“Pasti, itu kan jadi tupoksi pada mereka (Dirjen Imigrasi),” tutur ia.

Telah semenjak sekitaran 2 tahun lalu, kehadiran Harun Masiku masih jadi tanda pertanyaan beberapa penyidik KPK. Masalahnya ia buron saat penentuan status terdakwanya bersama bekas Komisioner KPU Wahyu Setiawan karena kasus penyuapan. Pemberian sogokan itu dilaksanakan Harun Masiku supaya ia dapat rasakan hangatnya bangku panas Gedung DPR RI di Senayan lewat jalur penggantian antara waktu atau PAW. Sampai saat mulai sejak tersebut KPK masih usaha coba cari kehadirannya.

Akhir kali, KPK menyebutkan kehadiran Harun Masiku ada di Perguruan Tinggi Pengetahuan Kepolisian (PTIK). Tetapi, karena beberapa argumen dan masalah, tim penyidik KPK tidak sanggup mencokok Harun Masiku pada waktu itu. Kemudian, Harun Masiku kembali lenyap sampai KPK kembali mengetahui sangkaan kehadirannya di luar negeri.

Dirjen Imigrasi, Silmy Karim, menjelaskan faksinya akan usaha menolong ungkap kehadiran Harun Masiku, Untuk itu tadi, ia menyebutkan akan pelajari lebih dulu berkenaan detil kasus dan info tentang Harun.

“Yang jelas saya akan dalami dahulu kasusnya (Harun Masiku). Kita akan check dahulu peluangnya seperti apakah dan bagaimana mengatasinya,” kata Silmy.

 

About admin

Check Also

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara …