Gunung Semeru Erupsi Pagi Ini, Masyarakat Disuruh Hindari Sungai Jenguk Kobokan

Gunung Semeru Erupsi Pagi Ini, Masyarakat Disuruh Hindari Sungai Jenguk Kobokan

Gunung Semeru di Jawa Timur erupsi, Senin pagi hari ini. Tinggi kolom abu terlihat 400 mtr. di atas pucuk. “Terjadi erupsi Gunung Semeru di hari Senin, 21 November 2022, jam 06:08 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 400 m di atas pucuk (± 4076 m di permukaan laut),” catat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Musibah Geologi (PVMBG) dalam info resminya, Senin.

PVMBG mengutarakan kolom abu teramati warna putih sampai kelabu dengan intensif sedang ke timur laut. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimal 22 mm dan durasi waktu 64 detik.

PVMBG menghimbau warga tidak beraktivitas apa saja di bidang tenggara di sejauh Jenguk Kobokan, sepanjang 13 km dari pucuk (pusat erupsi).

Di luar jarak itu, warga tidak beraktivitas pada jarak 500 mtr. dari pinggir sungai (sempadan sungai) di sejauh Jenguk Kobokan karena mempunyai potensi terlanda peluasan awan panas dan saluran lahar sampai jarak 17 km dari pucuk.

Warga disuruh tidak melakukan aktivitas dalam radius 5 km dari kawah/pucuk Gunung Api Semeru karena riskan pada bahaya lemparan batu (pijar).

Disamping itu, PVMBG minta waspada kekuatan awan panas luruhan (APG), luruhan lava, dan lahar di sejauh saluran sungai/lembah yang berhulu di pucuk Gunung Api Semeru, khususnya sejauh Jenguk Kobokan, Jenguk Bang, Jenguk Kembar, dan Jenguk Sat dan kekuatan lahar pada sungai-sungai kecil yang disebut anak sungai dari Jenguk Kobokan.

About admin

Check Also

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara …