Dukung Program Kampung Tangguh Jaya Milik Polda Metro, Heru Budi: Mental Warga Jakarta Harus Dibina

Bantu Program Daerah Tangguh Jaya Milik Polda Metro, Heru Budi: Psikis Masyarakat Jakarta Harus Dibina

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberikan dukungan penyelenggaraan kegiatan Daerah Tangguh Jaya (KTJ). KTJ ialah program yang dicetuskan Polda Metro Jaya buat jaga ketertiban dan keamanan warga di wilayah hukum Polda Metro.

“Kami Pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan dukungan program Daerah Tangguh Jaya di mana satu diantaranya dapat bersinergi memperkuat lingkungan,” katanya dalam info tercatatnya.

Ini hari Heru mendatangi Acara Puncak Sayembara KTJ Piala Kapolda Metro Jaya Tahun 2022. Acara berjalan di Balai Tatap muka Metro Jaya, Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Ini kali Polda Metro bekerja bersama dengan TNI, pemerintahan daerah, dan PT Astra Internasional sebagai faksi swasta untuk jalankan Daerah Tangguh Jaya.

Dalam sambutannya, Heru sampaikan, diperlukan keterlibatan semua komponen warga untuk merealisasikan lingkungannya yang aman, teratur, dan nyaman.

Menurutnya, pentingnya bersama membuat kesadaran warga Jakarta. Misalkan dalam kerangka jaga kebersihan, masyarakat harus mengetahui selalu untuk buang sampah pada tempatnya.

“Oleh karena itu di Jakarta secara fisik dibuat, tetapi secara psikis (masyarakat) harus juga terus kami bina,” sebut ia.

Heru Budi menghargai kegiatan KTJ yang bukan hanya konsentrasi dalam merealisasikan ketertiban dan keamanan warga, tapi juga memerhatikan ketahanan bencana dan pangan.

Keinginannya, kegiatan Daerah Tangguh Jaya bisa memacu semangat warga untuk tingkatkan kemandirian dalam mengurus ketertiban dan keamanan, kemandirian pangan, dan waspada bencana. Kepala Sekretariat Presiden ini mengharap daerah tangguh sama bisa terlaksana di daerah lain semua Indonesia.

Apa peranan Daerah Tangguh Jaya?
Dalam peluang yang serupa, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran menerangkan Daerah Tangguh Jaya sebagai program kerjasama berbasiskan komunitas.

Kegiatan ini selalu terus-menerus dengan mengikutsertakan dunia usaha, PT Astra Internasional. Tahun ini program itu diperlebar tidak cuma mengikutsertakan warga Jakarta, tapi juga warga Bodetabek.

“Daerah Tangguh Jaya mempunyai karakter bangsa Indonesia, yakni fondasinya kegotongroyongan, tiangnya ialah kebersama-samaan, atapnya ialah kerukunan, azas guyub dan rukun,” tutur Fadil.

Pembangunan KTJ mempunyai tujuan tingkatkan kemandirian warga dalam mengurus keamanan dan ketertiban. Disamping itu, untuk jadikan Daerah Tangguh Jaya sebagai sarana meningkatkan kekuatan dan pendayagunaan kewiraswastaan.

Fadil tidak mendetailkan aktualisasi program ini dengan jelas. Awalnya, ia resmikan Daerah Tangguh Jaya di RW 016 Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat pada Selasa, 8 Desember 2020. Lokasi ini jadi percontohan aktualisasi kegiatan Daerah Tangguh Jaya.

Saat itu, Daerah Tangguh Jaya ala-ala Polda Metro tercipta untuk tekan angka penebaran kasus Covid-19 di Jakarta. Oleh karena itu, ada beberapa wastafel portabel yang ditaruh di muka jalan permukiman masyarakat RW 016 Kelurahan Kapuk.

About admin

Check Also

Mangkir Rapat, Komisi I Meminta KSAD Dudung Lebih Hargai DPR

Mangkir Rapat, Komisi I Meminta KSAD Dudung Lebih Hargai DPR Komisi I DPR RI melangsungkan …