Bulan Depan Panglima TNI Andika Perkasa Pensiun, Berikut Batasan Usia Pensiun TNI dan Gajinya

Bulan Depan Panglima TNI Andika Perkasa Pensiun, Berikut Batasan Usia Pensiun TNI dan Gajinya

Lebih satu tahun kemarin, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, 17 November 2021 saat berumur 56 tahun. Sesudah satu tahun berbakti, Andika akan pensiun pada 21 Desember 2022, pas berumur 58 tahun.

Walau telah dekat sama periode pensiunnya, Andika Perkasa akui belum mengetahui siapa calon pengganti dianya. “Sepanjang pengalaman saya, presiden itu tidak pernah jauh hari bicara (masalah penggantian panglima), tidak pernah. Beliau tentu tiba-tiba,” kata Andika Perkasa.

Maret lalu, Mahkama Konstitusi (MK) menampik tuntutan pada periode pensiun prajurit TNI. Dalam sidang yang ditayangkan lewat tayangan Youtube MK Anwar Usman sebagai ketua MK menampik permintaan itu.

Beberapa pemohon yang terbagi dalam 4 orang minta MK mengetes kembali pasal 53 dan 71 huruf a UU nomor 34 tahun 2004 Mengenai (Tentara Nasional Indonesia) TNI. 4 orang itu disodorkan oleh Euis Kurniasih seorang pensiunan TNI, Jerry Indrawan seorang karyawan swasta, Hardiansyah dan Ismail Irwan Marzuki seorang wiraswasta, Bayu Widiyanto mahasiswa, dan Musono seorang pensiunan TNI.

Berapakah Umur Pensiun TNI Sebetulnya?
Berdasar UU nomor 34 tahun 2004 Mengenai TNI, tercantum batasan umur pensiun berdasar jabatan di TNI. Pasal 71 huruf (a) menyebutkan umur anggota TNI untuk pensiun tertinggi ialah 58 tahun untuk perwira dan 53 tahun untuk TNI yang dari bintara dan tamtama.

Keterangan selanjutnya tercantum pada pasal 71 huruf (b) jika perwira yang sudah berumur atau memang belum genap berumur 55 tahun, untuknya diterapkan periode dinas keprajuritan sampai umur tertinggi 56 tahun.

Ke-2 , perwira yang belum genap berumur 54 tahun, masih diterapkan untuknya periode dinas pengurusan s/d umur tertinggi 57 tahun. Ke-4 bintara dan tamtama yang sudah berumur atau memang belum genap 48 tahun, diterapkan untuknya periode dinas keprajuritan sampai umur tertinggi 53 tahun.

Gaji Pensiunan TNI
Dalam pembukaan Bersilahturahmi Nasional Persatuan Pensiunan TNI AD di Istana pada Agustus kemarin. Presiden Jokowi sempat mengulas akan meningkatkan gaji pensiunan TNI karena menurut dia gaji pesiunan TNI sekarang ini masih di bawah UMR. Yaitu tamtama Rp 2,enam juta, bintara Rp 3,lima juta, dan untuk perwira pertama Rp 4,1 juta.

Jokowi janji akan mengulas ini dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, tetapi tidak jamin gaji pensiunan TNI akan naik karena APBN telah banyak memikul banyak subsidi.

 

About admin

Check Also

Mangkir Rapat, Komisi I Meminta KSAD Dudung Lebih Hargai DPR

Mangkir Rapat, Komisi I Meminta KSAD Dudung Lebih Hargai DPR Komisi I DPR RI melangsungkan …