Prabowo Ungkapkan Pesan Jokowi Disuruh Berbicara ke Jenderal AS-Rusia Tangkal Perselisihan Dunia

Prabowo Ungkapkan Pesan Jokowi Disuruh Berbicara ke Jenderal AS-Rusia Tangkal Perselisihan Dunia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menceritakan saat dianya disuruh Presiden Jokowi bicara ke beberapa jenderal Amerika Serikat (AS) dan Rusia untuk memediasi perselisihan dunia. Pembicaraan itu terjadi, saat sebelum keberangkatan Jokowi ke Ukraina dan Rusia.

Perintah itu dikatakan Jokowi, dalam rencana usaha memediasi ke-2 negara yang berperang itu. Dengan menghubungi beberapa jenderal supaya RI dibolehkan jadi perantara.

“Beliau perintahkan saya, ‘Menhan gunakan lajur pertahanan, berbicara sama jenderal-jenderal Amerika dan jenderal-jenderal Rusia, dapat tidak Indonesia perantara, mediasi’?” kata Prabowo sambil tirukan perkataan Jokowi, saat beri sambutan di Jakarta, Sabtu (29/10).

Instruksi itu juga dilakukan tindakannya. Dia juga mengunjungi Menhan Amerika Serikat (AS), Lloyd Arnold III, di Gedung Pentagon, Washington DC, pada minggu kemarin dan ke negara yang lain dalam kurun waktu dekat.

Prabowo menjelaskan jika beberapa langkah itu sebagai wujud riil Indonesia dalam membuat dan jaga perdamaian dunia sama sesuai instruksi konstitusi.

“Kita usaha menjadi jembatan untuk meleraikan pertarungan, untuk mempersejuk seluruh pihak. Tidak mudah. Presiden telah coba, saya juga coba. Saya panggil ke-2 dubes, masing-masing bersikukuh,” bebernya.

Prabowo selanjutnya bicara berkenaan teror perang dunia ke-3 di mana dapat muncul karena agresi Rusia ke Ukraina semenjak Februari 2022 yang berpengaruh secara global. Bahkan juga, banyak beberapa tokoh dunia meramalkan hal tersebut akan memacu Perang Dunia (PD) III.

“Korban wafat dapat beberapa puluh juta orang jika terjadi Perang Dunia III, yang kita doakan tidak ada dan jangan terjadi. Dan kita meminta ke Yang Mahakuasa untuk menghindar umat manusia dari musibah yang semakin besar,” tutur ia.

Prabowo mengutarakan, cara yang sudah dilakukan Indonesia berusaha menjadi penengah atas perselisihan dengan mekanisme politik bebas aktifnya jadi satu catatan atas peraturan politik luar negeri Indonesia yang tidak memihak ke block mana saja.

“Kita menghargai semua bangsa, semua negara, semua ras, semua suku. Tersebut jiwa adat bangsa Indonesia dan itu yang saya benar-benar suka pimpinan- pimpinan, beberapa tokoh,” ucapnya

“Seperti Imam Besar kita, beberapa tokoh Remaja Mushola Indonesia, ialah Islam yang selalu sejuk, Islam yang damai, Islam yang tidak ingin kepancing, Islam yang tidak ingin memusuhi, Islam yang cari jalan damai,” jelasnya.

About admin

Check Also

Erick Thohir: Perekonomian Indonesia Masuk Hebat 2 di G20, Bahkan juga di Atas China

Erick Thohir: Perekonomian Indonesia Masuk Hebat 2 di G20, Bahkan juga di Atas China Menteri …