Prabowo Berjumpa Menhan China Ulas Ukraina sampai Laut China Selatan

Prabowo Berjumpa Menhan China Ulas Ukraina sampai Laut China Selatan

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berjumpa dengan anggota Dewan Negara merangkap Menteri Pertahanan China Wei Fenghe di Kota Xian, Propinsi Shaanxi, Jumat (18/11).

Menurut info yang digabungkan ANTARA, Sabtu, Prabowo dan kelompok datang di daerah barat daya China itu pada Kamis (17/11) petang dan kembali lagi ke Tanah Air pada Jumat malam.

Ke-2 menhan berjumpa di kota rekreasi iconic Patung Terakota itu, 2 hari sesudah Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jingping lakukan diskusi bilateral di Bali di antara KTT G20.

Sepanjang tatap muka, Prabowo dan Wei disebut tukar penglihatan berkenaan kritis Ukraina, rumor Laut China Selatan, dan beragam faktor jalinan bilateral militer Indonesia-China.

Prabowo, yang diambil situs sah Kementerian Pertahanan China (MND), Sabtu (19/11), di kesempatan itu mengatakan militer Indonesia siap bekerja bersama dengan militer China dalam jalankan kesepakatan yang diraih oleh presiden ke-2 negara.

TNI, katanya, siap merajut komunikasi pada tingkat tinggi dan tingkatkan kerja-sama pragmatis di beberapa sektor, seperti transisi lawatan antarkapal angkatan laut dan sama-sama memberi support untuk militer ke-2 negara.

Ke-2 menhan disebut menyetujui latihan militer bersama teratur, yang pernah berhenti karena wabah COVID-19.

Dalam pada itu, Jenderal Wei seperti diambil situs MND, menjelaskan China dan Indonesia sama sesuai instruksi vital pimpinan ke-2 negara sudah merajut jalinan baru bilateral yang didorong oleh kerja-sama politik, ekonomi, budaya, dan maritim.

Dia mengutamakan keutamaan China dan Indonesia lebih berperanan berarti dalam memiara keamanan dan kestabilan di teritori di tengah-tengah keadaan terbaru di Asia-Pasifik yang hadapi rintangan secara kompleks.

“Militer ke-2 negara harus tingkatkan komunikasi vital,” kata Wei, yang ialah anggota Komite Sentra Partai Komunis China (CPC) itu.

Militer China dan Indonesia, katanya, perlu manfaatkan proses kerja-sama secara baik, perdalam kerja-sama pragmatis, dan perkuat koordinir multilateral dan jaga momen perubahan jalinan militer di ke-2 negara.

Dalam peluang itu, Wei sampaikan selamat untuk kesuksesan Indonesia melangsungkan Pertemuan Tingkat Tinggi G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

“Presiden China Xi Jinping dan Presiden Indonesia Joko Widodo barusan berjumpa di Indonesia dan sudah menyetujui beberapa kesepakatan penting,” katanya.

Sementara, Prabowo, yang sebagai ketua umum Partai Gerindra, sampaikan selamat untuk kesuksesan CPC melangsungkan Konferensi Nasional ke-20 pada Oktober.

About admin

Check Also

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara …