Merayakan Panen Sayur, Masyarakat Dogiyai Papua Bakar Batu Bersama Ops Damai Cartenz

Merayakan Panen Sayur, Masyarakat Dogiyai Papua Bakar Batu Bersama Ops Damai Cartenz

Masyarakat Kabupaten Dogiyai, Papua tengah, sekarang semakin berdikari. Mereka sudah manfaatkan lahan untuk berkebun, menanam beragam jenis sayur seperti kol dan lain-lain. Hasil panen raya sayur kol juga, diikuti dengan bakar batu.

Daerah yang sering menghangat atau ribut ini, berangsur aman dan aman. Mereka sekarang terus membuat kampungnya, dengan ditemani dari Ops Satgas Damai Cartenz dan Pemerintah Daerah (Pemda) Dogiyai.

Masyarakat Dogiyai bersama Binmas Noken Ops Damai Cartenz dan Pemda Dogiyai, melangsungkan acara bakar batu di Kampung Bomomani, Area Mapia. Bakar batu dilaksanakan sebagai bentuk rasa sukur kesuksesannya panen raya sayur kol itu.

“Jadi kami membuat demplot kol dan daun bawang, agar warga dapat menyaksikan dan dapat mencontohkan kami,” kata salah satunya masyarakat Dogiyai, Hubertus Tebai.

Sebagai pemilik lahan, Hubertus mengucapkan terima kasih ke Satuan tugas Binmas Noken yang sudah memberi Bibit Ternak Babi, Bibit Daun Bawang, Bibit Jagung, Bibit sayur Kol dan pupuk. Dia mengharap, bantuan pertanian ini terus akan bersambung supaya warga di Dogiyai dapat manfaatkan lahanya.

“Karena warga itu harus menyaksikan dahulu baru yakin apa yang sekarang ini kita kerjakan, dan mereka dapat lakukan dilahan masing-masing petani,” terangnya.

Kerjasama
Dalam pada itu, Wakasatgas Binmas Noken Kombes Pol, Yamin Dian Priono akui kesuksesan dicapai dengan kebersama-samaan. Baik Polri, Pemerintahan Daeran dan warga tentu saja.

“Lewat momen bakar batu ini, kita pantas mensyukuri nikmat yang Tuhan beri di hari ini untuk kita semua. Sebut sukur itu harus kita tunjukkan dengan rasa kebersama-samaan. Kita harus bekerja bersama dan bersatu,” kata Kombes Pol Yamin.

Dianya menambah jika Binmas Noken berperanan menolong warga dengan kerjasama beragam pihak lewat program Komunikasi Tokoh Elite Kamtibmas (Koteka). Memberi semangat ke masyarakat Kabupaten Dogiyai melalui program Kasuari, hingga bisa memproses lahan warga untuk tumbuhkan perekonomian tersebut.

Tidak cuma program Kasuari dan Koteka, ditengah-tengah perayaan acara bakar batu, kepedulian Ops Damai Cartenz kelihatan dengan diadakannya servis kesehatan dengan gratis untuk semua kalangan masyarakat di Kabupaten Dogiyai.

“Melalui program Kesehatan Lambang Diri Sehat Guna (Keladi Sagu), tim medis dan paramedis siap menolong memberi penyembuhan ke warga yang berasa kurang sehat, tentu saja ini tidak diambil biaya atau cuma-cuma, jadi untuk warga tidak boleh takut periksakan keadaan kesehatannya ke kami,” tutup Kombes Yamin.

 

About admin

Check Also

Siap-Siap, Netflix Mulai Razia Pemakai yang Share Akun pada Awalnya 2023

Siap-Siap, Netflix Mulai Razia Pemakai yang Share Akun pada Awalnya 2023 Netflix merencanakan untuk merazia …