Gunung Semeru Terus Mengeluarkan Awan Panas Guguran, 93 Masyarakat Pindah

Gunung Semeru Terus Mengeluarkan Awan Panas Guguran, 93 Masyarakat Pindah

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan laporan jika sampai sekarang Gunung Semeru terus memuntahkan Awan Panas Guguran (APG). Bahkan juga, jarak APG telah 11 km.

“Awan Panas Guguruan (APG) Gunung Semeru masih berjalan. Jarak APG terlihat sampai 11 km,” begitu disampaikan BNPB lewat account twitternya @BNPB_Indonesia.

BNPB menyebutkan, 93 masyarakat telah pindah di Balai Dusun Sumberurip Kecamatan Pronojiwo, Jawa Timur. BNPB terus bekerjasama dengam tim BPBD untuk lakukan pantauan dan penyelamatan masyarakat sekitaran.

“Selama ini telah ada 93 masyarakat yang pindah di Balai Dusun Sumberurip Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,” tutur BNPB.

“BNPB terus akan bekerjasama dengan tim BPBD di atas lapangan saat lakukan riset cepat, pantauan dan penyelamatan masyarakat,” ikat ciutan BNPB di Twitter.

Awalnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan status Gunung Semeru di Jawa Timur pada Minggu (4/12/2022) telah dinaikkan dari Level 3 atau Siaga jadi Level 4 atau Awas terhitung start pukul 12.00 WIB.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan minta supaya tidak ada kegiatan dalam radius delapan km dari puncak dan sectoral arah tenggara (Jenguk Kobokan dan Kali Lanang) sepanjang 19 km dari puncak.

“Status Gunung Semeru dinaikkan dari Siaga (Level 3) jadi Awas (Level 4) terhitung hari Minggu 4 Desember 2022 jam 12.00 WIB,” kata Hendra dalam info.

Awan Panas Luruhan
PVMBG menulis pada Minggu ada erupsi dibarengi awan panas luruhan yang terjadi di Gunung Semeru pada jam 02.46 WIB dengan tinggi kolom erupsi capai 1.500 mtr. di atas puncak.

Sumber awan panas luruhan datang dari timbunan material di ujung lidah lava yang ada sekitaran 800 mtr. dari puncak (Kawah Jonggring Seloko).

Awan panas luruhan itu berjalan menerus dan sampai jam 06.00 WIB jarak luncur sudah capai 7 km dari puncak ke Jenguk Kobokan.

Semenjak jam 00.00 WIB sampai 06.00 WIB, kegiatan kegempaan terekam sekitar 8x gempa letusan, 1x gempa awan panas luruhan.

 

About admin

Check Also

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara …