Masyarakat Cemas Tanggul Muara Baru Bobol walau Sudah Ditinggikan

Masyarakat Cemas Tanggul Muara Baru Bobol walau Sudah Ditinggikan

Tarsini (60), masyarakat Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara akui cemas bila tanggul laut bobol walau telah ditinggikan. Masalahnya kata Tarsini, air laut kadang melimpah sampai nyaris dengan tinggi tanggul.

“Ya iya takut, namanya laut takut kan. Saat ini meskipun ada tanggul tinggi sama saja, jika terjadi apa-apa takut,” sebut Tarsini saat dijumpai Kompas.com di teritori tanggul Muara Baru, Senin.

Tiap air pasang, lanjut ia, seringkali air muncrat sampai dataran. Ditambah, saat ombak di lautan besar yang membuat semakin cemas tanggul dengan tinggi 2 mtr. itu tidak kuat meredam air.

“Jika ombak besar dan air pasang, air laut sampai dengan tinggi tanggul, sampai muncrat airnya jika pasang. Takut jika ngelihat demikian, ngerinya bobol,” papar ia.

Wanita asal Indramayu, Jawa Barat itu juga mengharap tanggul Muara Baru dapat diperkokoh atau ditinggikan kembali.

Dengan begitu teror air laut tumpah ke dataran tidak lagi mencemaskan masyarakat. “Masalahnya takut airnya sampai naik ke atas, ngerinya kan bobol. Jika ini tidak kuat tentu sudah bobol, ini bangunannya kan baru,” ungkapkan Tarsini.

Adapun tanggul yang dibuat zaman Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ini sebenarnya berperan sebagai penahan supaya air laut tidak masuk ke dataran.

Karena, permukaan air laut sekarang telah semakin tinggi sekitaran 1,5 mtr. dibanding dataran. Tetapi, berdasar penilaian Kompas.com pada Senin siang, beberapa bagian dari tanggul alami perpecahan.

Bahkan juga, ada yang berlubang sebesar ibu jemari. Tragisnya, sisi tanggul yang rengat dan berlubang hingga mengucurkan air itu terlihat belum diperbarui semuanya. Ada banyak titik yang cuma ditambal dengan batu conblock seadanya.

Mengakibatkan, air laut pelan-pelan masuk ke dataran dan mengakibatkan kubangan sekitaran 5 sampai 10 cm.

About admin

Check Also

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara …