Hadiri KTT ASEAN-Uni EroHadiri KTT ASEAN-Uni Eropa, Jokowi Siap Perkokoh Jalinan Perdaganganpa, Jokowi Siap Perkuat Hubungan Perdagangan

Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa, Jokowi Siap Perkokoh Jalinan Perdagangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Brussels, Belgia untuk mendatangi Pertemuan Tingkat Tinggi Asia Tenggara (KTT ASEAN) dan Uni Eropa atau EU. Jokowi pergi pagi hari ini lewat Lapangan terbang Soekarno Hatta dengan ditemani oleh Wakil Presiden, Panglima TNI, Kapolri dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Pagi Ini hari saya bersama ibu negara dan delegasi terbatas akan ke arah Brussel di Belgia dalam rencana mendatangi KTT ASEAN-EU dalam rencana 45 tahun jalinan Asian dan Uni Eropa,” kata Jokowi lewat tayangan jurnalis online,

Jokowi menyebutkan, KTT Asean mempunyai tujuan untuk sama-sama menguatkan jalinan dagang antara negara. Terhitung Indonesia yang mempunyai nilai investasi besar dari beberapa negara Uni Eropa.

“Kita perkokoh, terus kita tambahkan jalinan yang bagus di antara ASEAN dan Uni Eropa sudah pasti negara kita, Indonesia ingin supaya perdagangan kita bertambah di antara Indonesia dan EU dan investasi dari Uni Eropa ke Indonesia semakin meningkat,” tutur presiden.

Presiden janji, akan selekasnya kembali lagi ke Indonesia selesai acara itu selesai. Menurutnya, hadirnya di Belgia tidak semakin lebih dari 24 jam.

“Saya dan delegasi cuma kurang dari 24 jam di Belgia kemudian langsung pulang kembali lagi ke tanah air,” Jokowi tutup.

Jalinan ASEAN dan Uni Eropa

Sebagai info, jalinan perdagangan di antara ASEAN dan Uni Eropa di tahun 2021 mempunyai nilai sebesar USD 268,9. Angka itu dipandang yang paling besar ke-3 sesudah China dan Amerika Serikat.

Selanjutnya, Uni Eropa mencatat foreign direct investment ke ASEAN yang sejumlah USD 26 miliar pada tahun 2021. Angka itu sebagai foreign direct investment yang paling besar ke-2 sesudah China.

 

 

 

About admin

Check Also

Erick Thohir: Perekonomian Indonesia Masuk Hebat 2 di G20, Bahkan juga di Atas China

Erick Thohir: Perekonomian Indonesia Masuk Hebat 2 di G20, Bahkan juga di Atas China Menteri …