Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia, Gubernur Riau Berharap Jembatan Selat Melaka Diwujudkan

Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia, Gubernur Riau Berharap Jembatan Selat Melaka Diwujudkan

Gagasan pembangunan Jembatan Selat Melaka sudah lama dikomunikasikan. Jembatan itu diperkirakan menyambungkan Riau dengan Malaysia.

Kemauan itu kembali kuat bersamaan dilantiknya Anwar Ibrahim sebagai Pertama Menteri (PM) Malaysia. Gubernur Riau Syamsuar akan mengulas pembangunan itu dengan Anwar Ibrahim.

“Kita mengharap di jaman beliau (Anwar Ibrahim) ini gagasan pembangunan Jembatan Selat Melaka yang telah lama dikomunikasikan dapat diwujudkan,” tutur Syamsuar Sabtu (26/11).

Syamsuar menyebutkan ada seseorang yang dekat sama Anwar Ibrahim ajak untuk turut menjumpai Anwar Ibrahim. Ia akan bawa visi besar di depan PM Malaysia yang baru itu.

“Pasti saya benar-benar ingin. Saya akan berikan masalah Jembatan Selat Melaka ini ke PM Malaysia,” sebut ia.

Jembatan Selat Malaka Menyambungkan Teluk Gong dengan Pulau Rupat dan Dumai
Jembatan Selat Melaka yang diperkirakan itu ialah jembatan tol yang hendak menyambungkan Telok Gong, dekat Mushola Tanah, Negeri Melaka di Semenanjung Malaysia ke Pulau Rupat dan Dumai, Riau.

Wawasan pembangunan jembatan ini sempat kuat di zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) karena faksi Malaysia mengatakan persiapannya untuk membuat.

Tetapi karena berbagai argumen, SBY tidak menyepakati. SBY waktu itu malah berencana pembangunan Jembatan Selat Sunda, yang menyambungkan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Tetapi di zaman Presiden Jokowi pun tidak jadi dikerjakan.

“Bila Jembatan Selat Melaka dibuat, maka menggerakkan pemercepatan pembangunan untuk Riau dan Sumatera pada umumnya,” tegasnya.

About admin

Check Also

Gempar Penipuan Berlagak Undangan Pernikahan lewat Whatsapp, Bareskrim Polri Turun Tangan

Gempar Penipuan Berlagak Undangan Pernikahan lewat Whatsapp, Bareskrim Polri Turun Tangan Bareskrim Polri turun tangan …