Pemerintahan Sebutkan Indonesia Dapat Selekasnya Mengakhiri Wabah, bila Covid-19 Agak miring Sampai Februari 2023

Pemerintahan Sebutkan Indonesia Dapat Selekasnya Mengakhiri Wabah, bila Covid-19 Agak miring Sampai Februari 2023

Menteri Koordinator Sektor Ekonomi Airlangga Hartarto menjelaskan, Indonesia dapat selekasnya terlepas dari status wabah.

Tetapi, menurut Koordinator Pemerlakukan Limitasi Aktivitas Warga (PPKM) luar Jawa-Bali itu, hal itu bisa terjadi bila sampai Februari 2023 kasus Covid-19 di Tanah Air terlihat agak miring.

“Jika kita dapat menjaga pada bulan Februari (2023) kasusnya agak miring karena itu kita dapat terlepas dari wabah Covid-19 ini,” tutur Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan

Pada Selasa, dianya dan menteri berkaitan memberikan laporan perubahan keadaan Covid-19 di Indonesia ke Presiden Jokowi. Airlangga mengutarakan jika keseluruhannya dalam enam bulan akhir perubahan kasusnya mulai menerpai. Untuk kasus verifikasi Covid-19 harian secara nasional atau seven days moving average Indonesia ada di angka 1.195.

“Hingga relatif rendah. Dan berdasar data Rt (reproduksi efisien) kita dapat capai kurang dari 1 dalam tiga bulan akhir,” lanjut Airlangga.

Ia juga menjelaskan sepanjang enam bulan akhir ini perubahan kasus positif Covid-19 relatif agak miring. Menyaksikan perubahan data yang ada, kata Airlangga, Presiden Jokowi minta PPKM dipelajari s/d akhir Oktober ini.

“Dan akhir bulan kedepan kelak akan ditetapkan berkaitan penerapan PPKM di depan. Dibarengi catatan jika booster atau vaksinasi di-ekstensifikasikan pada bulan November, Desember dan Januari,” sambungnya.

Dalam pada itu, Menteri Kesehatan (Menteri kesehatan) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, status wabah Covid-19 masih dipelajari oleh tubuh kesehatan dunia (WHO).

WHO lakukan penilaian atas public health emergensi of International concern tiap 3 bulan sekali.

“Saya lupa paling akhir kapan dilakukan sekitaran 2 bulan lalu kelak mereka akan mengulas statusnya seperti apakah. Tetapi balik lagi status wabah istilahnya PHEC akan tentukan di rapat tiga bulanan akan up-date kembali,” sambungnya.

About admin

Check Also

Gempar Penipuan Berlagak Undangan Pernikahan lewat Whatsapp, Bareskrim Polri Turun Tangan

Gempar Penipuan Berlagak Undangan Pernikahan lewat Whatsapp, Bareskrim Polri Turun Tangan Bareskrim Polri turun tangan …