BP BUMD Sangkal Beras Menguning di Pulogadung Terkait Sangkaan Korupsi Bantuan sosial DKI

BP BUMD Sangkal Beras Menguning di Pulogadung Terkait Sangkaan Korupsi Bantuan sosial DKI

Pelaksana tugas (Plt) Badan Pembimbingan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Fitria Rahadiani menyikapi masalah sangkaan korupsi bantuan sosial (bantuan sosial) Pemerintahan Propinsi (Pemerintah provinsi) DKI Jakarta pada 2020 periode kepimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Awalnya, sangkaan korupsi bantuan sosial Pemerintah provinsi DKI Jakarta 2020 ini muncul dari ciutan Rudi Valinka lewat thread di account Twitter @kurawa pada 9 Januari 2023. Ia mengutarakan ada 1.000 ton beras bantuan sosial yang sampai sekarang masih diletakkan di gudang penyimpanan yang ada di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Menurut Fitria pihaknya sudah bekerjasama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya hal sangkaan kasus korupsi itu. Hasilnya, diterangkan jika stock beras di gudang penyimpanan Pasar Jaya itu sebagai tersisa stock yang direncanakan akan dilelang.

“Sementara untuk tersisa stock beras di Pulogadung, berdasar hasil koordinasi dengan Perumda Pasar Jaya tersisa stock itu sebagai tersisa stock dari usaha ritel perusahaan, di mana pada tersisa stock itu Perumda Pasar Jaya akan melakukan lelang bekerja bersama dengan kantor lelang diakhir Januari ini,” kata Fitria ke reporter,

Dijumpai, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ikut menyikapi masalah tuduhan korupsi bantuan sosial Pemerintah provinsi DKI Jakarta 2020 saat Anies Baswedan memegang Gubernur DKI Jakarta. Heru akui tidak tahu menahu masalah sangkaan korupsi bantuan sosial itu.

“Iya saya tidak tahu, itukan (program bantuan sosial) lama,” kata Heru di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 11 Januari 2023.

Beberapa Kali Ulas Rekonsiliasi Data

Selanjutnya, Heru menerangkan sudah mengulas rekonsiliasi data yang menerima bantuan sosial. Bahkan juga sampai tiga sampai 4x ulasan semenjak ia sah mulai pimpin Ibu Kota. Walau begitu, Heru akui tidak memahami masalah di program lama warisan gubernur awalnya.

“Saya di sini telah tiga 4x mengulas berkenaan data rekonsiliasi data. Jika yang lalu-lalu kan saya tidak memahami,” ungkapkan Heru.

Rudi Valinka lewat account Twitter @kurawa membuat thread menunjuk bantuan sosial Pemerintah provinsi DKI 2020 dikorupsi. Pada 9 Januari 2023 lewat thread-nya itu, ia memaparkan secara runtut penemuannya itu.

“Kita awali yah #sinetwit Bantuan sosial DKI tahun 2020 lalu,” begitu catat @kurawa, diambil Kamis (12/1/2023).

Dalam kelanjutan utasnya, ia menjelaskan jika sangkaan korupsi bantuan sosial bermula dari informasi whistle blower yang menyampaikan kabar ada penumpukan beras bantuan sosial milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya bujet 2020 yang ada dalam gudang sewaan Pulogadung.

Berikan Jatah Besar ke Pasar Jaya
Dijumpai, Pasar Jaya menjadi satu diantara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dipilih Dinas Sosial DKI Jakarta untuk salurkan bantuan sosial berbentuk paket sembako ke masyarakat terserang imbas Covid-19 yang menerpa DKI Jakarta 2020.

“Dinas Sosial DKI menunjuk 3 relasi dipilih untuk salurkan paket sembako sebesar Rp3,65 triliun melalui Perumda Pasar Jaya, PT Food Station dan PT Trimedia Imaji Rekso Kekal,” katanya.

Ia menyebutkan jika BUMD Pasar Jaya terima jatah bujet terbanyak sebesar Rp2,85 triliun. Untuk @kurawa, jatah bujet yang semakin besar ini memunculkan tanda pertanyaan.

Menurutnya, tidak ada argumen detil kenapa Dinsos DKI memberi jatah yang besar sekali ke Pasar Jaya. Ia juga menyangka hal itu karena status perusahaan yang Perum (perusahaan umum).

“Hingga lebih gampang untuk administrasi cawe-cawenya,” tutur ia.

Digabungkan selanjutnya, Rudi lalu memasangkan bukti-bukti penemuan dalam thread-nya masalah sangkaan korupsi bantuan sosial DKI 2020 itu. Ia bahkan juga mengunjungi gudang penyimpanan beras bantuan sosial milik Pasar Jaya.

Hasilnya, ia merasakan keadaan beras bantuan sosial hancur atau membusuk. Dari rekaman foto dan video yang dipasangkannya, terlihat timbunan karung beras dan beras-beras yang sudah menguning.

 

About admin

Check Also

Tiap 10 Hari Sekali, Bocah Pidie Jaya Menempuh Beberapa ratus Km untuk Hidup Si Ayah

Tiap 10 Hari Sekali, Bocah Pidie Jaya Menempuh Beberapa ratus Km untuk Hidup Si Ayah …