12 Langkah Menahan Penyakit Otak yang mencelakakan

12 Langkah Menahan Penyakit Otak yang mencelakakan

Beberapa langkah perlu Anda kerjakan untuk menahan penyakit otak yang biasanya serius dan memberikan ancaman jiwa. Mencuplik Cleveland Clinic, otak sebagai sebagai mekanisme saraf pusat yang jalankan banyak peranan kompleks pada tubuh kita. Misalkan, otak berperan untuk menerjemahkan semua info sensorik.

Lalu, berperanan untuk atur peranan organ yang lain dan melepaskan hormon sebagai tanggapan dari keadaan sekitaran badan kita. Bertepatan dengan itu, ada beberapa resiko penyakit otak, misalnya:

-Penyakit autoimun otak
-Epilepsi
-Infeksi
-Penyakit mental
-Penyakit otak neurodegeneratif
-Masalah perubahan saraf
-Stroke
-Cidera otak traumatis (gegar otak)
-Tumor otak

Semua penyakit itu memiliki sifat serius dan memberikan ancaman jiwa.

Hingga, penting untuk kita lakukan beragam langkah untuk menahan penyakit otak itu.

Apa yang dapat kita kerjakan untuk menahan penyakit otak? Mencuplik Harvard Health Publishing, berikut langkahnya:
1. Lakukan stimulan psikis Langkah simpel untuk menahan penyakit otak yang mencelakakan dengan lakukan stimulan psikis.
Kegiatan ini, misalnya membaca, mnegerjakan masalah matematika, bermain teka-teki, menggambar, melukis, dan sejenisnya. Lewat riset tikus dan manusia, beberapa periset mendapati jika kegiatan otak menggairahkan jaringan baru di antara beberapa sel saraf. Bahkan juga, langkah ini bisa menolong otak hasilkan beberapa sel baru, meningkatkan “plastisitas” neurologis, dan membuat cadangan fungsional yang memberi pelindungan pada resiko kehilangan sel di masa datang.

2. Kerjakan latihan fisik Riset memperlihatkan jika latih otot Anda bisa menolong mempertahankan kesehatan otak. Hewan yang olahraga dengan teratur mempunyai kenaikan jumlah pembuluh darah kecil. Pembuluh darah itu bawa darah kaya oksigen ke daerah otak yang bertanggungjawab untuk berpikiran. Olahraga memicu perubahan sel saraf baru dan tingkatkan jaringan antara sel otak (sinapsis). Ini langkah yang hasilkan otak lebih efektif, plastis, dan adaptive, yang ditranslate jadi performa yang lebih bagus pada hewan yang menua. Olahraga sanggup turunkan tekanan darah, tingkatkan kandungan cholesterol, menolong mengatur kandungan gula darah, dan kurangi depresi psikis, yang semua bisa menolong otak dan jantung Anda.

3. Benahi skema makan Konsumsi gizi yang bagus menjadi langkah menahan penyakit otak.
Misalkan, mengaplikasikan diet Mediterania yang mengutamakan buah-buahan, sayur, ikan, kacang-kacangan, minyak tidak jemu (minyak zaitun) dan sumber protein nabati. Tipe diet ini bisa turunkan resiko masalah kognitif dan demensia.

4. Atur tekanan darah Tekanan darah berperan pada kesehatan otak kita. Tekanan darah tinggi di umur separuh baya tingkatkan resiko penyakit otak dengan berkurangnya peranan kognitif. Salah satunya langkah menghindarinya dengan mengaplikasikan beragam pola hidup sehat, mencakup olahraga dengan teratur, batasi minum alkohol, kurangi depresi, dan makan secara benar.

5. Mengatur kandungan gula darah Untuk menahan penyakit otak, penting untuk kita untuk mengatur kandungan gula darah supaya tidak tinggi. Bila Anda terserang diabetes, resiko penyakit otak dapat makin tinggi, seperti demensia. Anda bisa menolong menahan diabetes dengan mengaplikasikan skema makan yang betul dan olahraga dengan teratur. Bila gula darah Anda masih tetap tinggi, Anda membutuhkan beberapa obat untuk capai kontrol yang bagus.

6. Mengatur kandungan cholesterol darah Kandungan cholesterol LDL (jahat) yang tinggi dihubungkan dengan kenaikan resiko demensia.
Mengontrol pola makan, olahraga, meengendalikan berat tubuh, dan menghindar tembakau akan menolong tingkatkan kandungan cholesterol Anda. Tetapi, bila Anda memerlukan kontribusi selanjutnya, tanya ke dokter Anda mengenai penyembuhan.

7. Pikirkan aspirin jumlah rendah Beberapa study pengamatanonal memperlihatkan jika aspirin jumlah rendah bisa kurangi resiko demensia, khususnya demensia vaskular. Untuk info lebih detilnya, dibutuhkan diskusi langsung sama dokter.

8. Tidak merokok Rokok yang dibakar memiliki kandungan lebih dari 7.000 bahan kimia beresiko. Banyak salah satunya bisa membuat iritasi dan membunuh sel sehat pada tubuh, hingga mengakibatkan penyakit otak.

9. Tidak salah gunakan alkohol Minum terlalu berlebih sebagai factor resiko khusus demensia. Bila Anda masih tetap ingin minum alkohol, harus mengendalikan diri jangan lebih dari 2x satu hari.

10. Mengurus emosi secara baik Orang yang gampang kuatir dan stres bisa turunkan peranan kognitif Anda. Hingga, penting untuk mengurus emosi Anda sebagai langkah menahan penyakit otak.

11. Membuat perlindungan kepala Penting memakai helm saat beraktivitas beresiko, seperti saat naik motor, naik sepeda, bekerja konstruksi, dan lain-lain. Cidera kepala sedang sampai berat dapat mengakibatkan gegar otak.

12. Membuat jaringan sosial Mempunyai jaringan sosial yang bagus di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat kerja menjadi langkah menahan penyakit otak. Hal tersebut karena bisa turunkan resiko demensia, turunkan tekanan darah tinggi, dan membuat keinginan hidup lebih panjang.

About admin

Check Also

Mangkir Rapat, Komisi I Meminta KSAD Dudung Lebih Hargai DPR

Mangkir Rapat, Komisi I Meminta KSAD Dudung Lebih Hargai DPR Komisi I DPR RI melangsungkan …