Langkah Check Yang menerima BSU Tahapan 2 di BPJS Ketenagakerjaan dan Kemnaker

Langkah Check Yang menerima BSU Tahapan 2 di BPJS Ketenagakerjaan dan Kemnaker

BSU atau Kontribusi Bantuan Gaji tahapan 1 sudah cair. BSU tahapan 2 dipublikasikan akan cair minggu kedepan. Hal itu diutarakan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah lewat tayangan jurnalis. Faksinya menjelaskan sudah terima 2,empat juta data dari BPJS Ketenagakerjaan untuk seterusnya dilaksanakan pemadanan data.
“Ini hari kami terima data dari BPJS Ketenagakerjaan sejumlah 2,empat juta. Sama dalam tahapan pertama, kami padukan dengan data yang menerima program lainnya dan kami padukan apa mereka PNS atau TNI-Polri. Kemudian, seperti umumnya pada pekan kedepan, sesudah usai klarifikasi, validasi, karena itu tahapan ke-2 akan kami alirkan,” tutur Ida dalam tayangan jurnalis,

Bagaimanakah cara memeriksa yang menerima BSU tahapan 2? Dikutip situs Kemnaker, pengujian dilaksanakan lewat situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan bsu.kemnaker.go.id.

Langkah check yang menerima BSU di situs BPJS Ketenagakerjaan

Berikut langkah check BSU melalui situs BPJS Ketenagakerjaan: Membuka www.bpjsketenagakerjaan.go.id
Click “Check Status Yang menerima BSU”
Masukan data NIK (Nomor Induk Kependudukan),
nama komplet sama sesuai KTP,
tanggal lahir, nama ibu kandungan,
nomor smartphone terbaru,
e-mail terbaru Click “Teruskan” Kemudian akan ada pemberitahuan.

Bila Anda bisa lolos klarifikasi dari BPJS Ketenagakerjaan, maka ada pemberitahuan seperti berikut:
“Anda bisa lolos klarifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon yang menerima Kontribusi Bantuan Gaji (BSU),
untuk validasi seterusnya akan dilaksanakan oleh Kemnaker. Proses klarifikasi dan validasi dilaksanakan sesuai Permenaker Nomor 10 Tahun 2022.”

Langkah check yang menerima BSU di situs Kemnaker

Berikut langkah check BSU tahapan 2 jika belum mempunyai account di situs Kemnaker

-Membuka www.kemnaker.go.id
-Tentukan menu “Masuk” di atas kanan Click “Daftar Saat ini” Melengkapi data NIK,
-nama komplet,
-sampai ibu kandungan Click “Selanjutnya” Melengkapi data alamat e-mail,
-nomor smartphone,
-dan sandi Click “Daftar Saat ini”.
-Pengaktifan account dengan code OTP yang hendak dikirim ke nomor smartphone Masuk ke account,
lalu melengkapi biodata,
-seperti photo profile,
-status pernikahan sampai type lokasi.

Check pernyataan, yang hendak berisi berkenaan status yang menerima bantuan gaji, seperti tercatat sebagai calon yang menerima BSU atau mungkin tidak tercatat, dan memperlihatkan penuhi persyaratan atau tidak, dan pemberitahuan berkenaan pendistribusian dana ke yang menerima kontribusi. Bila memang dana sudah diteruskan ke rekening Bank Himbara (Berdikari, BRI, BNI, dan BTN), maka ada pemberitahuan. Untuk yang telah mempunyai account di situs Kemnaker, cara check BSU tahapan 2 seperti berikut: Membuka www.kemnaker.go.id Tentukan menu “Masuk” di atas kanan Masukan e-mail atau nomor smartphone dan sandi Click “Masuk” Kemudian melengkapi profile biodata diri berbentuk photo profile, mengenai Anda, status pernikahan, dan type lokasi Kemudian check pemberitahuan. Anda akan memperoleh pemberitahuan Anda lagi ada dalam status apa. Masih dari situs Kemnaker, ada 3 tingkatan, yaitu:
1. Calon Bila Anda sebagai calon yang menerima BSU 2022, maka ada pemberitahuan berikut di bawah ini: “Calon Yang menerima BSU 2022 Hai Saipul, Anda sudah tercatat sebagai calon yang menerima BSU 2022 Tahapan 1. Minta bersabar menanti info seterusnya.”
2. Penentuan Bila Anda telah diputuskan sebagai yang menerima BSU 2022 maka ada pemberitahuan berikut: “Diputuskan Yang menerima BSU 2022 Hai Saipul, Anda sudah diputuskan sebagai yang menerima BSU 2022. Minta bersabar, dana BSU akan selekasnya diteruskan.”
3. Pendistribusian Bila dana BSU 2022 telah diteruskan maka ada pemberitahuan berikut: “Dana BSU 2022 Tersalurkan! Hai Saipul, ada berita baik nih….. Kontribusi Bantuan Upah/Gaji 2022 sejumlah Rp 600.000 (enam ratus ribu rupiah sudah cair ke rekening Anda di BANK MANDIRI. Selamat ya”

 

About admin

Check Also

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara

Selainnya Penjara Seumur Hidup, Surya Darmadi Dituntut Uang Tukar Rp 73,9 T Rugi Ekonomi Negara …