Jokowi Peringatkan Berhati-hati, Harga Beras Naik di 79 Daerah

Jokowi Peringatkan Berhati-hati, Harga Beras Naik di 79 Daerah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutarakan ada 79 daerah yang alami peningkatan harga beras. Ia juga sudah minta Badan Usaha Perum Badan Logistik (Bulog) untuk menuntaskan permasalahan peningkatan harga beras.

“2 hari kemarin saya ingatkan Bulog untuk permasalahan ini karena di atas lapangan 79 daerah ini kenaikannya cukup banyak,” kata Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat,

Jokowi minta peningkatan harga beras jadi perhatian penting. Pemerintahan dan beberapa penopang kebutuhan harus bekerja sampai ke beberapa hal yang detil untuk mengontrol inflasi di daerah.

“Berhati-hati dengan yang bernama peningkatan harga besar. Kita memang haru kera detil dan meihat langsung apa harga yang naik,” katanya.

Tidak cuma beras, peningkatan harga telur terlihat tinggi di 89 daerah. Begitu halnya harga tomat yang naik di 83 daerah dan harga daging ayam ras naik di 75 daerah.

“Masalah kecil-kecil seperti tomat di 83 daerah alami peningkatan dan daging ayam ras 75 daerah alami peningkatan,” ucapnya.

Jokowi: Bupati, Wali Kota, Gubenur Sesekali Masuk Pasar!

Untuk itulah minta beberapa Bupati, Walikota sampai Gubernur pastikan harga pangan di atas lapangan dengan data yang diberi anak buahnya sama. Ia tidak ingin ada praktek asal bapak suka (ABS) yang memberikan laporan tidak ada peningkatan harga pangan pada tingkat warga.

“Tolong Bupati, Wali Kota sesekali masuk pasar, check benar di atas lapangan apa data yang diberi sama yang berada di lapangan. Tidak musim ini ABS,” katanya.

Mendag: Sesudah Maret 2023, Tidak Bisa Kembali Impor Beras

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan lakukan panen padi perdana tahun 2023 di sawah agro rekreasi organis Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Zulkifli Hasan yang Menteri Perdagangan itu menjelaskan panen di Kota Bogor ini baru panen awalnya.

“Panen di Mulyaharja Kota Bogor ini ialah awalan, kita akan panen raya prediksi Maret kelak,” terang Menteri yang dekat dipanggil Zulhas saat panen ditemani Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto,

Karena itu lanjut Zulhas, pemerintahan sudah memutuskan batasan paling akhir impor beras ialah Maret.

“Sesudah maret, ketika telah panen raya jangan kembali impor beras,” lanjut pria yang memegang sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu.

Ke Bima Arya, Zulhas juga beri pujian karena di Kota Bogor masih tetap ada agro eduwisata organik Mulyaharja yang bukan hanya memberikan dukungan ketahanan pangan tetapi dapat menjadi tempat wisata dan perdagangan produk lokal.

“Ini indah sekali, mengucapkan syukur kita di Kota Bogor ada surga tempat seindah agro eduwisata Mulyaharja,”

“Di tempat ini ada sawah, ada kebun sayur mayur, ada kolam ikan, buah-buahan, bahkan juga ada pula coffeeshop dan produk inovatif sepatu karya masyarakat lokal,” ujarnya.

Tingkatkan Olahraga, Zulkifli Hasan Birukan Lapangan Sempur Bogor Melalui Senam Sehat

Panen Februari 2023, Mendag Janji Membeli Beras Petani Berapa saja Harga

Petani padi akan masuk musim panen beras pada Februari 2022 kedepan. Sesudahnya, pemerintahan loyalitas mempernyerap hasil panen dengan maksimal untuk pemenuhan stock cadangan beras pemerintahan (CBP).

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintahan sudah mempersiapkan anggaran untuk mempernyerap hasil panen beras petani, berapa saja harga.

“Berapa saja ada. Berapapun hasil, asal ada barangnya dibeli. Dan, pada harga tinggi, bukan harga terjangkau . Maka jika beras harga di pasar Rp 10.000 (per kg), Bulog akan membeli Rp 10.000, tetapi jualnya masih tetap Rp 8.200 (per kg),” katanya di Kabupaten Tangerang,

Untuk beras media, pemerintahan sendiri dikatakannya telah memutuskan harga ketengan paling tinggi (HET) Rp 9.450 per kg.

“Kelak ada pedagang, retail, harga tertinggi jualnya Rp 9.450 (per kg) . Maka ada subsidi (ganti rugi untuk Bulog). Jika Bulog belinya Rp 11.000 (per kg), jualnya masih tetap begitu,” kata Mendag.

Mendag menyebutkan, pemerintahan sendiri telah mengubah ketetapan masalah peresapan harga gabah dari tingkat petani. Jika semula sama sesuai harga paling tinggi, karena itu saat ini dibeli pada harga paling rendah.

“Saat ini membeli beras itu telah dirubah ketentuannya. Dahulu kan Bulog membeli gabah harga tertinggi . Maka harga tertinggi Rp 4.450 (per kg). petaninya miskin donk, geram donk orang. Membeli beras harga tertinggi Rp 8.200 (per kg). tidak impor geram, wong harga murah,” urainya.

“Saat ini sudah diganti atas saran kemendag, presiden perintahkan langsung, Bulog membeli gabah bukan tertinggi, termurah Rp 4.450 (per kg) . Maka dapat membeli Rp 5-6 ribu (per kg), terserah,” tandas Mendag.

 

About admin

Check Also

Siap-Siap, Netflix Mulai Razia Pemakai yang Share Akun pada Awalnya 2023

Siap-Siap, Netflix Mulai Razia Pemakai yang Share Akun pada Awalnya 2023 Netflix merencanakan untuk merazia …