Cara Check Hasil penyeleksian GTK PPPK 2022 yang Telah Diumumkan Kemendikbud

Cara Check Hasil penyeleksian GTK PPPK 2022 yang Telah Diumumkan Kemendikbud

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen GTK Kemendikbud) mengumumkan peserta yang lolos penyeleksian Pegawai Pemerintah dengan Kesepakatan Kerja (PPPK) guru 2022.
Peserta bisa menyaksikan hasil penyeleksian bisa disaksikan lewat situs Informasi GTK.

Adapun langkah check hasil penyeleksian lewat Informasi GTK ialah seperti berikut:
Buka situs info.gtk.kemdikbud.go.id.
Masuk atau login memakai akun pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang telah diverifikasi.
Masukan kata sandi.
Usai berhasil login, lihat pada bagian bawah verivikasi validitas ijazah.
Selanjutnya, situs akan tampilkan beragam informasi mengenai GTK termasuk status kelulusan passing grade.

Direktur Jenderal (Dirjen) GTK Iwan Syahril sebelumnya menyampaikan pelamar prioritas wajib mendaftar pada sekolah tempat mereka bertugas. Hal itu berlaku selama kebutuhan yang sesuai dengan sertifikat pendidik dan kualifikasi akademik yang mereka punyai masih ada.

Dalam pada itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menjelaskan guru non-Aparatur Sipil Negara (ASN) atau honorer yang telah lolos passing grade akan diprioritaskan pada pengadaan guru PPPK.

Pengadaan itu bersamaan dengan diterbitkannya Ketentuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) Nomor 20 , mengenai Penyediaan Pegawai Pemerintah dengan Kesepakatan Kerja Untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah.

“Yang akan menjadi prioritas pada pengadaan guru PPPK ialah guru ASN atau honorer yang telah lolos passing grade atau memenuhi nilai tingkat batasan pada penyeleksian PPPK Kedudukan Fungsional guru,” terang Nadiem lewat keterangan tertulis.
Prioritas itu tertuang dalam PermenPANRB Pasal 5 ayat (2) mengenai pelamar prioritas I.

Pada penyeleksian ASN PPPK 2021, kata Nadiem, ada 193.954 guru yang dipastikan lulus. Tetapi, tidak mendapatkan skema yang bisa menjadi prioritas pada penyeleksian ASN PPPK.

“Pemerintah akan memberi prioritas kepada guru yang sudah lulus tahun lalu pada penyeleksian ASN PPPK tahun ini,” katanya.

 

About admin

Check Also

Mangkir Rapat, Komisi I Meminta KSAD Dudung Lebih Hargai DPR

Mangkir Rapat, Komisi I Meminta KSAD Dudung Lebih Hargai DPR Komisi I DPR RI melangsungkan …