Perjalanan KA Jarak Jauh di Stasiun Gambir dan Pasar Senen Normal Kembali Selesai Terimbas Banjir di Semarang

Perjalanan KA Jarak Jauh di Stasiun Gambir dan Pasar Senen Normal Kembali Selesai Terimbas Banjir di Semarang

Keberangkatan kereta api atau KA jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen sudah normal sesudah sempat alami masalah karena banjir di Semarang.

“Keadaan pemakai KA jarak jauh-beberapa hari ini aman,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta.

Tetapi beberapa keberangkatan kereta api dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen masih tetap ada yang alami ketertinggalan karena banjir di beberapa titik di Semarang, Jawa tengah.

“Hingga KA yang datang di Jakarta, alami ketertinggalan,” katanya.

PT KAI sudah lakukan beberapa usaha untuk mengoptimalkan service ke penumpang. Misalkan dengan mengubah pemakai kereta api yang alami ketertinggalan dengan KA yang lain mempunyai rekanan dan arah sama tetapi pergi lebih cepat.

” lakukan eksperimen skema operasi beberapa KA yang semestinya lewat lintasi utara atau wilayah Semarang ini diputar jadi lewat lintasi selatan atau lewat Cirebon, Purwokerto Kroya, Yogyakarta dan sebagainya,” kata Eva.

Untuk meminimalisir ketertinggalan KA ini hari, 32 kereta api dioperasionalkan untuk Stasiun Gambir dan 35 KA di Stasiun Pasar Senen.

Dengan usaha ini, keberangkatan kereta tempat Daop 1 Jakarta mulai dekati normal.

Menurut Eva, penumpang KA jarak jauh yang pergi ini hari terdaftar 20.800 orang. Sekitar 8.200 dari Stasiun Gambir dengan 35 KA dan 12.600 penumpang dari Stasiun Pasar Senen dengan 32 KA.

Kehadiran Penumpang KA Alami Kenaikan
Kehadiran penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen di hari ini alami kenaikan. Banyaknya capai sekitar 39.000 orang.

“Kenaikan lumayan tinggi awal hari Minggu sampai ini hari pada periode berlibur Tahun Baru 2023,” kata Eva.

Sekitar 15.000 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen dan 13.700 penumpang turun di Stasiun Gambir. Sekitaran 10.300 penumpang lainnya turun di Stasiun Cikampek, Karawang, Cikarang, Bekasi sampai Jatinegara.

Kenaikan jumlah kehadiran mulai terjadi pada 1 Januari 2023 dengan keseluruhan penumpang 32.900 orang. Kota asal kehadiran KAJJ tempat Daop 1 Jakarta, paling banyak dari Yogyakarta, Solo, Cirebon, Tegal, Kutoarjo dan Malang.

Jumlah kereta api yang dioperasionalkan sekitaran 32 KA jarak jauh untuk Stasiun Gambir dan 35 KA di Stasiun Pasar Senen. “Untuk Senin pada 2 Januari 2023, keadaan volume keberangkatan penumpang dari tempat Daop 1 Jakarta mulai dekati normal,” katanya.

 

About admin

Check Also

Loyalitas Menjaga Kelestarian, Pertamina Patra Niaga Capai 6 Emas dan 50 Hijau di Gelaran PROPER 2022

Loyalitas Menjaga Kelestarian, Pertamina Patra Niaga Capai 6 Emas dan 50 Hijau di Gelaran PROPER …