Hubungan dengan Andika Perkasa Dipandang Permudah Yudo Margono Bangun Kesolidan di Intern TNI

Hubungan dengan Andika Perkasa Dipandang Permudah Yudo Margono Bangun Kesolidan di Intern TNI

Hubungan Kepala Staff Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dipandang memberikan keuntungan.

Pengamat militer dari Institute for Security and Taktikc Studies (ISESS) Khairul Fahmi menjelaskan, hubungan itu memudahkan Yudo Margono membuat kesolidan di intern TNI bila pada akhirnya dipilih sebagai Panglima TNI seterusnya.

“Dengan hubungan itu sebetulnya kemungkinan tempo hari Pak Yudo sempat memercayakan program yang ingin ia dampingi di periodenya kelak pada Pak Andika,” tutur Fahmi dalam program Gaspol! di YouTube Kompas.com, Kamis.

“Ini kan mempermudah konsilidasi, konsilidasi program, dan organisasi jalan bisa lebih cepat dan mulus,” ucapnya kembali.

Fahmi menjelaskan, Yudo Margono cuma punyai waktu 11 bulan sampai periode pensiunnya berlaku bila dipilih jadi Panglima TNI. Walau sebenarnya, ada beberapa tugas rumah yang perlu dituntaskan di depan. Tapi, performa itu dapat tertahan saat konsilidasi TNI memiliki masalah.

Maka dari itu, menurut Fahmi, hubungan Yudo dan Andika bisa meminimalkan hal itu. Misalkan, dengan sedikit menukar skema barisan TNI. “Di tingkat staff, barisan di bawah tidak perlu kebanyakan geser-geseran, yang umumnya tukar panglima tukar barisan di bawahnya,” ucapnya.

Dalam penglihatan Fahmi, terlampau jumlahnya penggantian kedudukan di badan TNI akan mengambil alih beberapa waktu. Hingga periode kedudukan Yudo Margono dapat kebuang percuma karena hanya mengurusi peralihan skema itu.

“Karena jika itu semua dilaksanakan dalam saat yang singkat ini, ya itu akan (memerlukan) waktu hebat, dan pada akhirnya tidak akan ngapa-ngapain,” katanya. Dijumpai, Yudo Margono akan jalankan tes kelaikan dan kepatutan atau bugar and proper tes di Komisi DPR RI ini hari, Jumat.

Andika Perkasa akui ikut suka atas keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pilih Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Dia mengutarakan jika Yudo Margono sudah menyiapkan diri hadapi bugar and proper tes. “Oh . Karena itu saya ngomong kan kita telah bertemu berapakah kali nih sesudah dipublikasikan. Banyaklah kita komunikasi.

Tetapi Pak Yudo juga siap,” sebut Andika Perkasa selesai pimpin upacara pelepasan Satuan tugas Mantime Task Force TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL di Basis Kolinlamik, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis sore.

About admin

Check Also

Erick Thohir: Perekonomian Indonesia Masuk Hebat 2 di G20, Bahkan juga di Atas China

Erick Thohir: Perekonomian Indonesia Masuk Hebat 2 di G20, Bahkan juga di Atas China Menteri …