Dapur Umum Kemensos Terus Alirkan Bantuan Makanan ke Korban Erupsi Semeru

Dapur Umum Kemensos Terus Alirkan Bantuan Makanan ke Korban Erupsi Semeru

Kementerian Sosial membuat dapur umum, saat erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Minggu (4/12). Bantuan itu juga sampai sekarang masih bekerja untuk salurkan makanan ke beberapa pengungsi.

“Dapur umum ini dibangun di dua titik lokasi. yang pertama berada di Balai Dusun Sumber Urip, dan yang lain ada di Dusun Penanggal. Pada sebuah hari dapur umum telah lakukan distribusi 500 nasi buntel yang ditebarkan di sejumlah titik,” kata Koordinator Tagana Kabupaten Lumajang, Eko Santoso.

Selainnya dapur umum, Kemensos lewat Direktorat Pelindungan Sosial Korban Bencana Alam sudah mengirim barang logistik genting dari Gudang Sentral Margo Laras ke Dinas Sosial Kabupaten Lumajang. Logistik yang diteruskan sebesar Rp211 juta berbentuk, makanan siap sajian, makanan anak, kasur, selimut dan baju dewasa.

Untuk menangani masalah psikis karena bencana, Kemensos menerjunkan tim Service Support Psikososial (LDP). Service ini dikasih ke beberapa pengungsi, khususnya anak-anak yang dibawa untuk lakukan beragam kegiatan selingan seperti menyanyi dan bermain. Ini dilaksanakan bukan hanya untuk isi waktu senggang, tapi juga untuk kurangi kekhawatiran yang diakibatkan karena bencana yang terjadi di tempat rumah.

Giat Kemensos di lokasi evakuasi erupsi Gunung Semeru sudah memperoleh inspeksi oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Umar Bashor yang langsung turun ke arah tempat peristiwa pada Rabu (7/12).

Umar bertandang ke lokasi evakuasi di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Pada kunjungannya Umar Bersama Kemensos salurkan bantuan keperluan pengungsi berbentuk 100 paket makanan siap sajian.

Ada juga bantuan berbentuk 100 paket makanan anak, selimut, sandang dewasa 149 paket, sandang bayi 180 paket, matras 145 buah, popok sekali saja pakai 76 paket, 30 paket kidsware, dan air minum paket sekitar 20 Dus.

 

About admin

Check Also

Gempar Penipuan Berlagak Undangan Pernikahan lewat Whatsapp, Bareskrim Polri Turun Tangan

Gempar Penipuan Berlagak Undangan Pernikahan lewat Whatsapp, Bareskrim Polri Turun Tangan Bareskrim Polri turun tangan …